Jadikan Kepribadianmu Seperti Sifat Air

sumber foto: www.qubbikel.com
Jadikan Kepribadianmu Seperti Sifat Air
Bukan hal yang anyal bagi kita, jika air adalah sebuah elemen yang harus ada dan tidak boleh tidak. Air merupakan sumber kehidupan yang tak bisa terbantahkan hadirnya, betapa kering segalanya tanpa air yang membasahi ruang-ruang kehidupan, karena itu di dalam diri manusia, elemen yang bersifat air lebih banyak dalam diri manusia. Namun, sudah berfungsikah air dalam diri kita, untuk menyegarkan, untuk menyejukkan, dan untuk menyuburkan emosi baik dalam diri kita.

Seperti air di lautan, bisa saja kelihatannya tenang tanpa ada ombak. Namun ketahuilah air yang seperti itu di bawahnya sangat dalam lebih dalam yang kita perkirakan, dari sifat air itulah kita jadikan kepribadian, kita harus selalu tenang dalam menyikapi segala problema kehidupan, janganlah kita berombak tanpa ada angin kencang meniup kita, dan cara untuk selalu tenang dalam menyikapi problema hidup adalah dengan membekali diri kita dengan ilmu dan pengetahuan dari segala pandangan, karena begitulah air yang ada di lautan, asalnya banyak dan tertampung di tengah lautan, dan jadilah air lautan yang sangat dalam.

Adapun sifat air yang lain adalah selalu mengalir dari sumbernya, seperti air yang ada di pegunungan, setiap benda yang dilaluinya pasti merasakan basah, kesejukan, dan kesegaran. Dari sifat air itulah kita dapat menjadikannya kepribadian, kita harus selalu mengalir dengan kebahagiaan dan cobaan, karena hal itu berasal dari sumber kita--Allah swt, dan setiap perjalanan kita dalam kehidupan ini, harus selalu memberi kesejukan kepada orang lain, dengan cara memberi yang kita punya, walau hanya senyuman dan tutur kata yang baik.

Bukankah kita sangat rindu dengan rintik hujan, ketika kita mengalami kemarau yang berkepanjangan, begitu resah hati kita saat rintik hujan yang kita tunggu tak kunjung datang. Itulah sifat air yang lain, menjadi seseorang yang dirindukan layaknya rintik hujan ketika musim kemarau datang, namun, untuk melakukannya kita harus jernih dan bening, jauh dari sifat bohong, angkuh, tamak dan semacamnya, karena begitulah air yang dirindukan, kita pasti tak merindukannya ketika air itu busuk dan kotor kan.

Akan tetapi, bukan berarti semua sifat air harus kita jadikan kepribadian, karena air juga mampu melululantakkan suatu perkampung, seperti yang terjadi saat banjir, karena massa air terlalu banyak yang didukung oleh dorongan badai. Artinya, kita tak bisa jadikan sifat air saat banjir menjadi kepribadian, karena hanya dapat mendatangkan keresahan, akibat banyaknya kebanggaan yang kita dapat dan didorong oleh keinginan hawa nafsu belaka, seperti penyebab terjadinya banjir.

Namun, di satu sisi kebanyakan sifat air itu, selalu mencari tempat terendah, walau sebenarnya Ia sangat dibutuhkan, air selalu mengalir dari daratan tinggi ke dataran terendah. Maka, jika kita ingin jadikan kepribadian sifat air itu, kita harus selalu merasa rendah hati, tak ingin disebut sebagai orang hebat, walau orang-orang yang ada disekeliling kita menganggap diri kita sebagai orang hebat atas apa yang kita bisa dan punya, karena begitulah air walau jatuh tercipta di langit, tapi Ia selalu mencari tempat terendah di bumi.

Betapa segar orang-orang yang ada di sekeliling kita, bila kepribadian kita seperti sifat air yang menyejukkan, menyegarkan, dan menyuburkan. Kita selalu bermanfaat bagi orang lain, seperti air yang meredakan rasa haus, yang membersihkan segala yang kotor, dan memadamkan yang terbakar, kita akan selalu bermanfaat ke setiap langkah kehidupan yang kita lalui dan akan selalu membasahi ruang-ruang yang kering.

Namun, sifat air yang utama adalah cair, tak pernah bisa di pegang dan tak pernah bisa diubah wujudnya, tak seperti dengan benda-benda yang lain bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita. Namun air tidak, walau kita membekukannya lama ke lamaan akan mencair juga akhirnya, itulah sifat air yang utama, yang harus kita jadikan kepribadian. Artinya dalam menjalani kehidupan yang sebentar ini, kita harus bermanfaat kepada orang lain dengan ikhlas, kita hanya mengharap ridhonya, agar kehidupan yang sebentar ini tak menjadi kehidupan yang sia-sia.

Previous
Next Post »
10 Komentar
avatar

air itu berguna? berarti kita harus berguna bagi orang lain yaa

Balas
avatar

motivasi banget nih,, agar tetap menjalani hidup dengan baik..

Balas
avatar

Kbtulan ane lgi frustasi ni,thanks gan

Balas
avatar

sangat bagus sekali kata- katanya,,,

Balas
avatar

Oke gan, terima kasih atas kunjungannya. Salam dan sukses selalu

Balas
avatar

Oke gan, terima kasih atas kunjungannya. Salam dan sukses selalu

Balas
avatar

Oke gan, terima kasih atas kunjungannya. Salam dan sukses selalu

Balas
avatar

Oke gan, terima kasih atas kunjungannya. Salam dan sukses selalu

Balas
avatar

Masih belajar gan, Terima kasih atas kunjungannya. Salam dan sukses selalu

Balas