Selalulah Mengistimewakan Dirimu

sumber foto: www.sketsastra.blogspot.co.id
Cara yang terbaik untuk menyukai sesuatu adalah dengan mengistimewakannya. Coba kita perhatikan, saat isi dompet menipis dan tak bisa membeli tempe dan tahu, hanya kerupuk dan sambal yang bisa kita beli, kerupuk dan sambal itulah yang sangat kita istimewakan, tak peduli dengan lauk yang lain karena memang hanya itu yang bisa kita beli, maka saat kita menikmatinya terasa begitu lezat di lidah. Hal itu karena kita mengistimewakan kerupuk dan sambal tadi, dengan memberikannya tempat yang istimewa dalam hati kita, dalam singgasana bahagia.

Begitulah juga jika kita ingin mengembangkan diri, dengan memaximalkan segala potensi yang kita miliki, kita harus selalu mengistimewakan diri. Artinya kita harus mampu menempatkan diri kita tidak mengucilkannya atau merendahkannya, tempatkan diri kita pada rasa untuk selalu berjuang dan berusaha untuk yang kita cita-citakan, serta nyatakan bahwa diri saya istimewa karena belum tentu apa yang saya bisa, orang lain juga bisa. Tergantung bagaimana kita belajar dan mengistimewakan diri.

Namun, pengistimewaan diri bukan hanya soal merasa bisa, akan tetapi kita harus merasa tabah dalam setiap perjuangan, karena kita telah berkomitmen bahwa diri saya adalah istimewa berarti kita akan selalu merasa bisa, dan untuk mewujudkan perasaan merasa bisa kita harus selalu tabah, untuk itulah dalam mengistimewakan diri kita masih merasa bisa, untuk menjadi bisa kita perlu ketabahan. Jadi, dalam mengistimewakan diri kita harus juga selalu tabah dalam merasa bisa.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam mengistimewakan diri adalah tidak berlebih-lebihan dalam merasa bisa, kita harus mengetahui konteksnya dengan kemampuan kita, agar kita tidak bertindak konyol dalam mengistimewakan diri, hal itu sangat penting kita perhatikan karena jika tidak, keistimewaan diri hanya akan terbalik menjadi keterpurukan diri. Maka, sebelum kita ingin mengistimewakan diri kita harus mengetahui konteks lingkungan dengan kemampuan kita, karena sejatinya keistimewaan diri lahir dari olah pikir dan olah hati yang matang.

Seperti halnya martabak istimewa, ada perpaduan coklat dan adonan yang lembut yang membuatnya istimewa. Begitupun yang harus kita lakukan dalam mengistimewakan diri, padukan antara olah pikir dan olah hati, olah pikir itulah yang akan menjadi lezat seperti coklat dan olah hati itulah yang akan menjadi lembut seperti adonan martabak, jika kedua olah itu telah menyatu dengan baik maka keistimewaan diri kita akan tampak nyata, seperti martabak yang melebur begitu lezat saat telah sampai di lidah.

Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika telah mampu mengistimewakan diri, yaitu hidup dalam kelegaan. Kita akan selalu merasa lega karena diri kita istimewa, penyebabnya karena impian yang kita punya tak lagi menjadi penjanggal di hati karena kita telah merasa bisa untuk mewujudkannya atau dalam hal ini telah merasa istimewa di hadapan impian-impian kita tak terkucilkan ataupun tersingkirkan. Kita yakin pasti bisa menggapainya semua impia-impian itu karena diri kita telah menjadi istimewa.

Ketika kita selalu merasa istimewa, hal-hal yang susah akan menjadi mudah, hal-hal yang berat akan menjadi ringan, serta hal-hal yang suram akan menjadi bahagia. Hal-hal itu terjadi karena energi dari dalam diri kita keluar kemudian berubah menjadi energi percaya diri, di saat energi percaya diri inilah rasa istimewa terasa, walau terkadang pada akhirnya kita pun tak bisa. Akan tetapi coba rasakan saat energi percaya diri itu keluar, begitu mudahnya kita mengatakan saya bisakan.

Maka dari itu, mulai dari sekarang mari kita tingkatkan kesadaran dalam mengistimewakan diri, karena pada dasarnya tak ada ciptaan Allah swt yang sia-sia, semua punya berkah jika kita memanfaatkannya dengan baik, tinggal yang perlu adalah bagaimana cara kita mengolah keistimewaan diri kita masing-masing dan cara-cara itu hanya kita sendiri yang tahu, serta hanya kita sendiri yang harus melakukannya, karena itu sudah menjadi tanggung jawab kita, mau tak mau kita harus mengistimewakan diri apapun alasannya.

Latest
Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

hmm bener juga sih gan Selalulah Mengistimewakan Dirimu tapi gak harus berlebihan juga kan gan :3
Link Download Game Android MOD Terbaru Gratis

Balas
avatar

Artikel yang sangat menarik:)jadi gemar membaca

Balas
avatar

Betul banget gan, Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya ciptaan..

Balas
avatar

Bersyukur juga gan jangan lupa hehe
http://www.geraldirizki.com/

Balas